Mengembalikan sinyal Smartfren tanpa PC

Hi imigran linux!

Malem ini saya dapet anugerah yang sangat besar, alhamdulillah. Setelah kurang lebih 2 pekan HH andromax-i saya hilang sinyal gara2 aplikasi radio switcher, akhirnya saya bisa liat sinombol EVDO lagi di HH saya. Bener2 itu radio switcher ga rekomended bgt. Yaudah sih sinyal sf juga udah ybagus, di beberapa daerah.

Jadi saya akan membagi anugerah ini kepada temen2 buat yang punya masalah dengan radio switcher. Kalo goolging emang banyak yang nyaranin pake DFS CDMA tool, itu emang lebih gampang. Tapi saya bermasalah ketika HH saya tidak terdeteksi port-nya sama device manager. Mungkin jalan keluarnya dengan install adb interface, tapi itu rumit lagi. Jadi alternatif lainnya adalah dengan me-root HH kalian.

Berikut adalah langkah2 untuk root dan mengembalikan HH smartfren andromax-i (old version).
  1. download bahan2 berikut dan simpan semuanya di SD card (tidak dalam folder apapun)
    1. CWM-6.0.2.3-temp
    2. CWM-6.0.2.3
    3. CWM-SuperSU-v0.99
    4. unlock_mdm_max1x
    5. lock_mdm_maxi_ori
  2. Matikan HH kalian.
  3. Nyalakan HH sambil menahan tombol volume down sampai muncul logo smartfren.
  4. Lalu muncul gambar android sedang dibongkar, sentuh tombol pilihan (yang gambar garis2 sebelah kiri).
  5. Sekarang kita berada di menu CWM. Gunakan volume up dan volume down untuk naik dan turun, tombol power untuk 'pilih' dan tombol back untuk kembali.
  6. Pilih 'install zip from SD card'>'choose zip from SD card
  7. Pilih CWM-6.0.2.3-temp lalu pilih 'Yes'
  8. Pilih 'install zip from SD card'>'choose zip from SD card
  9. Pilih CWM-6.0.2.3 lalu pilih 'Yes'
  10. Setelah selesai, pilih 'reboot system now'.
  11. Kalau HH sudah nyala, matikan lagi karena kita akan masuk lagi ke menu CWM yang tadi.
  12. Pilih 'install zip from SD card'>'choose zip from SD card
  13. Nah di sini kalian punya beberapa pilihan, HH mau bener2 di-root dengan aplikasi supersu silakan. Kalo ga mau, hanya mengembalikan sinyal saja ada 2 pilihan lagi.
    • unlock_mdm_max1x bisa menggunakan kartu CDMA apa saja. Tapi kekuatan sinyalnya hanya 1x, tidak bisa dapat sinyal EVDO.
    • lock_mdm_maxi_ori kembali seperti aslinya, bisa menggunakan sinyal EVDO tapi hanya dengan smartfren.
  14. Setelah selesai, reboot lagi HH dan taraaaa...

Sankyuu~


Written by

56 comments:

  1. min, sy sudah berhasil tapi koq cuma tahan sehari ya evdo nya.. besok ilang lagi, apa harus diulang lagi? mohon pencerahan nya min.. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini saya belum bisa analisa.
      indikasi awal si ada yg korup dan anda benar, coba diulang dan plus di root

      Delete
  2. Replies
    1. Di tahap 13 saya menyampaikan ada pilihan untuk hh di-root dgn supersu atau tidak.
      agan pakai supersu tidak?
      kalo yg saya alami, pakai supersu n ga ada masalah

      Delete
  3. gan andromax c saya bootlop gan , setelah instal x.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maap gan, file yang saya lampirkan di atas cuma buat andromax i yang lama. Kalo andromax c atau seri yang lainnya harus pakai file yang sesuai

      Delete
  4. Kok masih tetep ya min... :(

    Keluar EV bentar habis gitu balik lg 1x ...
    :'(
    Kenapa ya min.. pusing aku kalau pake hp digoda signal gini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah sempat keluar sinyal EV-nya kan berarti proses sudah berhasil. Masalah selanjutnya coba di cektemen agan yang sama2 pake smartfren ada masalah sama sinya juga ga. Karena setau saya memang ada daerah yang belum ter-cover full sama sinyal smartfren. Atau ada masalah hardware, saya ga bisa komentar gan

      Delete
  5. Anonim : Salah Tempat gan .... Cari Stock Rom Andromax C .. Download > Taro di SD Card > Ekstrak di Luar aja > Matikan HH > Tekan Tombol Power dan Volume '+' Sama " _ " Nanti akan Mulai proses sendiri :D

    ReplyDelete
  6. Mas saya kurang paham cara download nya karena sinyal smartfrene nya tidak bisa jdi ga bisa terhubung sm internet jdi gimana ? Terlebih lagi saya ga sengaja menekan pengaturan buat cadangan dan atur ulang lalu "kembalikan ke setelan pabrik" .akhirnya semua app terhapus . Mohon bantu mas

    ReplyDelete
  7. Gan, hp ane andro i lama, kemaren gak ngebaca sim smart, tlisanya, mhon masukin sim smart pd slot c.
    Tp GsM nya kebca,
    bantuanya dunk gan. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum sim-nya ga kebaca, aktifitas apa yang terakhir dilakukan?
      kalo ga ngebaca simnya setelah install radio switcher, bisa pake cara di posting ini

      Delete
  8. kalo gak di root bisa gak tapi ttep ada sinyal evdonya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya si bisa gan, tapi installnya yang ini lock_mdm_maxi_ori.
      tapi kalo yg ane alamin si di root dulu

      Delete
  9. gan.knpa kok instal file zip nya gagal trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba donlot ulang file zip nya, takut ada yg korup

      Delete
  10. Gan kalo pake cara yg di atas apakah aplikasi yg ada di hp bakal terhapus semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih kaga gan, kan cuma install CWM aja. ga pake reset factory

      Delete
  11. Gan nanya dong. Saya dpt max i ini dr sodara saya trs saya punya kendala di jaringan inet nya, saya coba pasang evdo only sama hybrid gabisa konek, sedangkan 1x bisa. Kalo saya flashing mdm_maxi_ori bisa gak kirakira? Soal nya saya gatau ini hp dulu nya pernah di apain aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja dulu gan, terlanjur udah dimacem2in kan :D
      masalahnya emang ga tau penyebab awalnya

      selamat mencoba

      Delete
  12. mudah*an bisa ya min! saya bingung udah 2 minggu hp jadi bangke di rumah.. kegoda sinyal .. semoga aja bisa .. mkasih ya min bermanfaat banget softwrenya bagi saya .. :') bismillah ..

    ReplyDelete
  13. gan, kalo buat di maxi2 bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya si ga bisagan,soalnya spec nya ajaudah beda.
      maap kalo salah

      Delete
  14. mas.. ini sama dg masalah maxi ane..
    ane pake radio switcher.. gak paham ..amalah kacau nih maxi ane..
    a) trus kalo pake cara diatas.. itu artinya ganti rom bukan?
    b) ane kan sama sekali gak paham neh soal root-rootan ato cwm-cwman.. kalao make cara diatas.. sesederhana itukah... ane mau coba neh.. tapi masih rada-rada gimana.. takutnya malah bubar semua.. hehe..
    c) minta petunjukkan gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gimana jelasinnya ya, ya kira2 gitu deh ganti dari rom ori jadi rom custom.
      kalo yang ane coba si ya sesederhana itu n langsung bisa.
      saran ane si coba aja dulu gan, daripada hh nya jadi ga kepake?:)

      Delete
  15. Gan kalo buat andromaxU bisa gak? Punya ane penyakitnya sama tuh EVDOnya ilang". Tengkyu sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo hh nya beda, cwm nya beda juga gan. n itu evdo ilangnya kenapa dulu

      Delete
  16. thanks gan punya ane meid nya nangol lagi,, walaupun troubelnya bukan gara2 radio switcher alias ilang sendiri,,

    ReplyDelete
  17. maaf gan,ane abis instal lock_mdm_maxi_ori trs reboot ko malah hh cuma getar doang,mati total
    solusinya dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diulang lagi gan, masih bisa masuk ke menu cwm ga? kalo kaga ya berarti hardwarenya udah kena gan. sori ane ga bisa bantu banyak

      Delete
  18. min, andromax e860 bisa kaga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya ga bisa gan, karena beda device beda lagi cwm nya

      Delete
  19. kalo punyaku andromax u2, sinyal smart ilang setelah hapenya bootlop trus ak balikin ke versi pabrikan dr tutorialgoogling.
    gimana ya carnya biar sinyal smartnya balik lagi ?

    ReplyDelete
  20. dijamin bisa kan mas buat andromaz i yg lama? takutnya tambah ruwet ini tambah pusing kepala :(

    ReplyDelete
  21. kagak bisa mas. udah nurutin tahap2nya . huaaa pusing:'(

    ReplyDelete
  22. gan.. andromax i saya masih belom bisa muncul sinyalny, tapi kartu CDMA ny udah kebaca,
    apa ada pengaruhnya di pengaturan ?
    solusi ny gan, thanks :)

    ReplyDelete
  23. gan.. klo file CWM-SuperSU-v0.99 ga di install boleh kah? karena saya baca tutor ny agan ga ada d tulis file itu.
    atau semua file yg diatas harus di install?

    ReplyDelete
  24. Maaf mas.. Saya mau tanya. Hp smartfren g2 saya sinyalnya hilang. Udah 4 hari. Padahal datanya menyala. Tapi jaringan konektivitasnya ga terhubung. Kalau pakai wifi sih bisa mas. Itu yang rusak apanya ya mas? Bagaimana solusinya? Terimakasih

    ReplyDelete
  25. kalo Max g gmna gan?

    ReplyDelete
  26. Kalo buat Andromax G2 Kit kat gimana gan caranya

    ReplyDelete
  27. gan bisa kirimin tutorial caranya lewat vidio ga ane kurang pekka

    ReplyDelete
  28. yes manjur min caranya thanks ya, ga usah kirim vidionya udah bisa
    bwat yg lain good luck yak

    ReplyDelete
  29. klo di andromax c3 bisa gk

    ReplyDelete
  30. HH itu apa gan?

    ReplyDelete
  31. gan tolong di perbaiki linknya..

    ReplyDelete
  32. kalo buat andromax v bisa gan ?

    ReplyDelete
  33. gan kalau untuk andromax u2 gimana ya? setelah root sinyal tidak ada

    ReplyDelete
  34. jalur simple.kembali ke steelan pabrik

    ReplyDelete
  35. min kox punya q da tulisanx 1x

    ReplyDelete
  36. sinyal ada tapi gax bisa cek pulsa sama buat koneksi gimana gan, mohon bantuannya ?

    ReplyDelete