Menampilkan pilihan multiboot

Hi imigran linux!

Di posting sebelumnya saya udah pernah bahas tentang live usb ubuntu dan dual boot. Kali ini saya mau bahas tentang MBR, Memory Boot Register. Jadi pada saat kita menyalakan laptop atau komputer, secara teknis hard disk yang terbaca pertama kali adalah MBR ini yang mencatat OS apa saja yang terinstall di hard disk tersebut. Saat ini kita menginstall Ubuntu pada hard disk yang sudah ada Windows-nya atau kebalikannya (dual boot) meskipun dalam partisi yang berbeda tetap saja hanya satu MBR yaitu yang terakhir diinstall.

Kalau yang terakhir diinstall adalah Windows, maka MBR yang terbaca adalah Windows Boot Manager. Tapi kalau yang terakhir diinstall adalah Ubuntu, maka MBR yang terbaca adalah GRUB loader. Nah oleh karena itu untuk memunculkan semua OS yang tersedia ya kita harus mengedit MBR yang terakhir diinstall tadi.

Untuk mengedit Windows Boot Manager kita bisa menggunakan aplikasi EasyBCD.
easybcd
Klik 'add/remove entries', lalu pilih linux dengan type grub. Pastikan device-nya adalah partisi yang diinstall ubuntu. Add entry, lalu restart dah. Saat booting akan muncul windows boot manager untuk memilih OS yang akan digunakan.
windows boot manager
Sedangkan untuk mengedit GRUB loader kita bisa menggunakan perintah dari terminal. Caranya sangat mudah, tinggal ketik 
$sudo update-grub

Maka grub akan membaca semua boot loader yang ada pada hard disk tersebut.
update grub
Sayangnya laptop yang saya gunakan belum multiboot jadi tidak terlihat boot loader selain ubuntu.
Saat booting akan muncul pilihan menu grub seperti di bawah.
grub menu
Secara default menu GRUB loader memang hanya text, tetapi kita bisa mengubahnya menggunakan latar yang lebih menarik dengan aplikasi BURG. Tapi sabar, kita akan bahas pada posting selanjutnya.

Sankyuu~


Written by

1 comment: