Bermain PES 2013 di Ubuntu

Hi imigran linux!

Setelah saya menggunakan ubuntu sekitar 4 tahun ini, banyak sekali teman2 yang bertanya kenapa memilih ubuntu (dibanding Windows maksudnya)? Jawaban saya sangat jelas, cari yang gratisan! lol
Biasanya tidak ada yang membantah dengan jawaban saya tersebut, tapi beberapa waktu lalu ada yang coba menggoyahkan iman saya. "Di ubuntu bisa maen game PES gitu ga?". Hahahaha, mau nantang rupanya, pikir saya dalam hati. Oke, akan saya jawab tantangan tersebut.


Di ubuntu bisa install aplikasi2 windows, walaupun belum pasti semuanya bisa. Kecuali sudah jadi master linux mungkin bisa mengakali berbagai cara untuk install aplikasi windows di ubuntu. Tapi untuk end user seperti kita, yang bisanya tinggal pake, ya harus menunggu bantuan third party gitu.

Untuk install aplikasi windows di ubuntu, kita harus menginstall wine dan untuk menginstall komponen2 windows menggunakan winetrick. Dan sebagai panduan komponen2 apa saja yang harus diinstall, kita menggunakan PlayOnLinux. Untuk mengunstall ketiganya, gunakan perintah berikut.

#sudo apt-get install wine winetrick playonlinux

Buka PlayOnLinux dan cari pes2013. Game2 yang ada di PlayOnLinux ini tidak dijamin bisa diinstall di ubuntu tergantung kondisi komputer masing2. Perlu saya beritahukan bahwa game2 yang belum lama release semakin tipis harapan bisa diinstall di ubuntu, jadi harus sedikit bersabar ya supaya ada yang memposting script untuk menginstall-nya.

Setelah ketemu PES2013, klik install di pojok kanan bawah. Tinggal klik next - next. Secara otomatis playonlinux akan menginstall PES2013 seperti layaknya install di Windows.

Ga nyampe 20 menit, PES2013 siap dihidangkan :D

selamat mencoba
sankyuu~

Written by

0 comments: