Install ubuntu menggunakan flash disk

Hi imigran linux!
atau calon imigran linux

Kali ini saya akan membahas fitur ubuntu yang secara default alias sudah ada dari sana nya yang menjadi keunggulan ubuntu (buat saya) yang berguna yang istimewaaa. Pada saat kita berpikir untuk instalasi OS yang pertama kali terpikirkan pasti mencari CD installer nya, betul? Tapi untuk ubuntu, tidak seperti itu kawan, ubuntu sudah menyediakan aplikasi yang memungkinkan/bahkan saya anjurkan temen2 untuk install ubuntu menggunakan flash disk. Ya, ini sangat saya sarankan. Karena saya pribadi mengalami, setelah menggunakan CD installer sering lupa naronya apalagi kalo CD-nya ga ada tulisan yang jelas pasti langsung kebuangdan jadi sampah. Lama2 bumi kita bisa dipenuhi CDinstalasi.
#lebay

back to ubuntu
Jadi kalau temen2 punya temen yang udah pake ubuntu, minta aja bikinin flash disk installernya. Berikut adalah langkah2nya.
1. Download ubuntu yang akan kamu install sesuai versi yang kamu mau di sini.

2. Buka aplikasi 'Startup Disk Creator'.
cari starrtup disk creator

3. Pilih *.iso yang tadi di-download dan juga flash disk yang akan digunakan.

4. Format dulu flash disk kamu dengan klik 'Erase Disk'.
5. Karena flash disk installer ini juga berfungsi sebagai Live CD, atau kamu bisa menggunakannya sebagai bootable disk, kamu bisa memilih apakah saat menggunakan flash disk untuk booting menyediakan space untuk menyimpan dokumen 'stored in reserved extra space'  atau dokumen yang dibuat pada flash sebagai booting akan terhapus 'discarded on shutdown, unless you save them elsewhere'.

6. Klik 'Make Startup Disk', masukkan password, dan tunggu hingga matang. lol

7. Terakhir, unmount flash disknya lalu colok flash disk ke komputer yang akan diisntall (dalam kondisi off). Masuk menu BIOS deh untuk booting dari flash disk.

Gud luck!

Written by

0 comments: