Persiapan dual boot Windows dan Ubuntu

Hi imigran linux!

Udah mulai ngoprek linux belom? Ubuntu aja lah yang udah lumayan populer.
Masih mikir2? kenapa? Coba aja dulu, kan install Ubuntu tetep bisa pake Windows dengan dual boot. Maksudnya apaan tuh? komputernya pake sepatu boot? Bukan mas bro,, ayo kita bahas pelan2.



Jadi saat komputer dinyalakan, proses yang pertama dilakukan adalah mendeteksi disk yang bisa di-booting (bootable disk) atau yang ada OS-nya gitu lebih simpel. Disk yang dimaksud bisa CD/DVD, flash disk, atau hard disk. Tapi hard disk pun tidak dibatasi secara fisik, maksudnya satu hard disk bisa saja kita 'tanam' lebih dari satu OS. Yaitu dengan cara mempartisi hard disk tersebut jadi beberapa bagian. Lebih hemat bukan dari pada harus membeli beberapa hard disk.

Cara untuk mempartisi hard disk ada berbagai macam dengan berbagai aplikasi. Yang paling mudah ya menggunakan CD installer OS yang bersangkutan. Atau jika komputernya sudah berjalan, bisa menggunakan gparted, partition magic. dll. Partisi hard disk juga sesuai kebutuhan aja, tapi minimal sisakan satu partisi untuk data. Jadi kalo mau install ulang OS atau tambah OS data ada di partisi yang berbeda jadi aman. Misal mau pasang satu OS aja ya pastisi lah hard disk jadi 2, kalo mau 3 OS ya pasrtisi jadi 4, dst. Yang perlu diingat, saat partisi hard disk pastiin hanya partisi yang dijadikan tempat OS yang 'primary' selebihnya 'logic' dan extended. Pengalaman saya install windows dan ubuntu, hard disk maksimal menjadi 3 primary.

Khusu untuk Ubuntu, saat membuat partisi, pastiin bikin partisi tambahan extensian 'swap'. Jangan gede2, ya 500 MB juga udah gede. Swap ini bukan untuk nyimpen data tapi fasilitas dari ubuntu untuk semacem RAM tambahan lah. Lumayan kan komputer di ubuntu jadi lebih ringan.

Kalo untuk proses instalasi nya sendiri ga akan dibahas di sini, simpel lah tinggal 'next' aja. Jadi saya cuma ngasih tau yang perlu diperhatikan aja ya.

Selamat mencoba!


Written by

0 comments: