Cara Menggunakan File iso di Ubuntu

Hi imigran linux!

Zaman sekarang banyak produsen komputer yang menjual laptop dengan harga sangaaaaaat murah, tetapi dengan konsekuensi tidak ada DVD nya, baik notebook ataupun netbook. Tapi tidak perlu khawatir, untuk instalasi Ubuntu kan bisa pakai flas disk, dan untuk membaca CD bisa mengubah isi CD menjadi iso terlebih dahulu. Tapi bagaimana cara menggunakan iso di ubuntu? Kalau di windows kan ada alcohol yang paling populer, kalau di ubuntu ada alcohol ga? Ga perlu alcohol lah,,, secara default Ubuntu sudah bisa menggunakan atau mengekstrak file iso. Tinggal klik kanan lalu open with archive mounter atau brasero mounter. Dan file iso akan dibuka seperti flas disk.
membuka file kompres seperti iso seperti membuka koper
Tapi ada beberapa aplikasi yang harus menggunakan file autoplay yang ada di CD tersebut. Nah untuk mengatasi masalah ini, file iso harus dibuka dengan cara di mount ke folder /media/user/cdrom sehingga file iso akan dibuka seperti layaknya CD. Untuk itu gunakan perintah berikut.

#sudo mkdir /media/user/cdrom
#sudo mount /path/to/file/iso /media/user/cdrom

Untuk /path/to/file/iso diganti dengan url tempat file iso disimpan ya. Selesai, file iso terbuka. Untuk menutupnya bisa langsung klik kanan dan unmount seperti menutup CD.

sankyu~

Written by

0 comments: