Unrar Split File Eror

Hi imigran linux!

Hari ini saya mencoba melakukan eksperimen dengan ubuntu, yaitu saya mau install game berat ke ubuntu. Game yang akan saya install sudah pernah saya bahas pada artikel sebelumnya, yaitu Skyrim. Installer game ini sekitar 6GB dan saya dapatkan dari forum kaskus. Karena ukurannya yang besar, maka file tersebut dibagi menjadi 9 bagian berekstensi rar. Dan donlot pun dimulai..

skyrim di ubuntu
Dan setelah proses donlotnya selesai, ternyata di ubuntu tidak bisa mengekstrak langsung file tersebut. Secara deafult memang ubuntu bisa melakukan compress/extract, tapi untuk ekstensi tar.gz. Nah untuk ekstrak file rar, harus diinstall aplikasi tambahan dengan perintah terminal sebagai berikut.

#sudo apt-get install rar unrar

Nah setelah install rar dan unrar, baru bisa mengekstrak file tersebut. Saya rekomendasikan agar proses ekstrak dengan terminal. Agar jika terjadi eror, bisa diketahui dengan detil eror yang terjadi. Untuk ekstrak dengan terminal menggunakan perintah sebagai berikut.

#unrar e /path/tempat/file/rar /path/tujuan/hasil/ekstrak

Bagian '/pat/tempat/file/rar' diganti dengan alamat file rar yang akan diekstrak, misal; /home/user/Downloads/contoh.rar. Dan 'path/tujuan/hasil/ekstrak' diisi dengan alamat folder hasil ekstrak akan disimpan, misal; /home/user/Downloads.

Walaupun file yang kita donwload terbagi menjadi 9 file rar, kita hanya perlu mengekstrak file pertamanya saja dan file selanjutnya otomatis akan diekstrak menghasilkan 1 file akhir. Oleh karena itu file rar tadi harus bernama sama dan dibedakan dengan angka pada bagian belakangnya. misal:
skyrim1.rar
skyrim2.rar
skyrim3.rar
dsb

Masalahnya, file yang saya download tadi ternyata tidak memiliki nama yang sama dan saya harus menamainya satu per satu secara manual sesuai waktu download-nya. Saat diekstrak, muncul pesan eror di terminal yang menunjukkan eror pada file skyrim3.rar (saya lupa detil kalimat eror-nya seperti apa dan lupa tidak screenshot juga). Karena sudah jelas file mana yang eror ya langsung saja saya download ulang file tersebut. Ya, memang tidak ada jalan lain jika file rar error atau file corrupt harus di-download ulang.

Setelah download ulang, saya coba lagi untuk ekstrak. Masih muncul pesan error, tapi tidak ditujukan untuk file yang mana. Nah loh..
Saya coba melakukan tes untuk mengetahui detil eror dengan perintah berikut.

#unrar t /path/tempat/file/rar

Hasilnya OK, tapi di bawahnya ada tulisan 'Total error: 2'.

Apa ini maksudnya? OK tapi eror? Galau banget ini file!

Setelah saya ingat2, pada saat download memang ada beberapa file yang tidak berurutan karena gagal download dan harus ulang download. Maka saya coba mengecek urutan file rar split tadi. Ingat, yang say cek bukan nama file-nya, tapi urutan isi rar tersebut dengan perintah sebagai berikut.

#rar v /home/user/Downloads/skyrim1.rar

Dengan perintah tersebut akan muncul tulisan 'volume : 1'. Saya lakukan perintah tersebut untuk semua file rar didapat hasil berikut.
skyrim1.rar ---> volume 4
skyrim2.rar ---> volume 2
skyrim3.rar ---> volume 3
skyrim4.rar ---> volume 1
skyrim5.rar ---> volume 5
skyrim6.rar ---> volume 6
skyrim7.rar ---> volume 7
skyrim8.rar ---> volume 8
skyrim9.rar ---> volume 9

Ya ampun, ternyata nama file tidak sesuai dengan urutan file yang sebenarnya. Maka saya rename nama file sesuai urutan volume tadi dan ekstrak ulang. Dan tadaaaa,,,,, ekstrak berhasil!

Semoga bermanfaat.
sankyu~


Written by

0 comments: