Membuat File iso Dari CD/DVD dengan Brasero

Hi migran limux!

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas cara moutn file iso, nah sekarang gimana kalo kebalikannya? Gimana cara bikin file iso dari DVD/CD? Atau mungkin ga mmbuat file iso dari folder biasa?

Kita tidak perlu mengistall apapun di ubuntu untuk membuat file iso. Secara default di ubuntu telah tersedia apliasi bernama brasero! Sebenarnya ada satu aplikasi yang serupa yaitu K3B, kelebihan K3B adalah kita bisa menggunakan multisession. Jadi walaupun menggunakan CD-R kita bisa mengisinya beberapa kali.
menu utama brasero
Kembali ke judul, untuk membuat file iso dengan brasero ikuti langkah2 berikut.
1. Jika file yang kita miliki ada di folder hard disk, pilih jenis CD/DVD/iso yang akan dibuat apakah audio, data, atau video (ketiga pilihan tersebut bisa membuat iso, tenang saja). Sedangkan jika iso yang akan kita buat dari CD/DVD, pilih 'Disc Copy'.
2. Jika kalian memilih 'Disc Copy' maka akan langsung diminta untuk menentukan letak iso akan disimpan. Sedangkan jika memilih audio/data/video, kita kana diminta untuk memasukkan file2 yang akan dibuat iso.
3. Masukkan file2 yang akan dibuat iso dengan klik gambar tambah (+) di pojok kiri atas.

menambah file iso
4. Masukkan judul file di kolom yang bergambar CD. Contoh kita buat judul latihan-membuat-iso (usahakan tidak mengandung spasi agar mudah digunakan nantinya).
memberi judul file iso
5. Klik burn, selanjutnya kita akan diminta untuk menentukan letak file iso akan disimpan.
6. Selesai, tinggal tunggu proses burning selesai.

selamat mencoba!
sankyuu~


Written by

0 comments: