Ubuntu 14.04 ngehang, ayo coba linuxmint!

Hi migran linux!

Meskipun sudah agak telat, ijinkan saya untuk mengucapkan selamat hari raya idul fitri!
Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
:)

Sudah lama tak posting di blog, bukan saya melupakan blog ini, tapi saya sedang dipusingkan oleh OS Ubuntu 14.04 trusty thar yang makin lama makin banyak bugs-nya. Tanpa bermaksud memojokkan pihak ubuntu, tapi memang dari 12 temen2 di kantor yang menggunakan ubuntu 14.04 mengeluhkan OS tersebut sangat lambat dan lebih spesifik lagi membuat kinerja libreoffice jadi force close.

Sampai saat ini saya belum menemukan pencerahan, tadinya saya baru mau posting di blog kalau sudah ada jalan keluarnya, tapi ternyata saya sudah menyerah. Alternatif ganti DE (Desktop Environment) tidak berpengaruh, ganti libreoffice-nya doank juga ga ada perkembangan. Cari di google cuma muncul buglist libreoffice. Akhirnya saya memutuskan untuk ganti OS.

Teman2 yang lain memutuskan untuk menggunakan ubuntu 12.04, tapi saya tetap masih trauma dengan ubuntu. Maka saya cari distro lain yang lebih ringan, tapi memiliki DE yang tetap ciamik. Pilihan saya jatuh ke linuxmint, karena popularitasnya yang sudah tidak diragukan sehingga update-nya pun bisa dipercaya, dan juga linuxmint memiliki 3 pilihan DE, yaitu mate, cinnamon dan KDE. Usut punya usut informasi dari google, perbedaan linuxmint dan ubuntu adalah; ubuntu lebih simpel sehingga cocok untuk orang yang baru mencoba linux, sedangkan linuxmint bukan lebih ruwet tapi pengaturannya bisa lebih advanced sehingga cocok untuk golongan menengah yang mulai suka bereksplorasi dengan linux.

Untuk pemilihan DE, saya secara subjektif melihat mate sebagai DE yang paling sederhana, cinnamon lebih banyak efek, dan KDE adalah DE dengan efek yang paling menarik. Tapi KDE sekalipun masih lebih ringan dibanding gnome sehingga yang manapun pilihan kalian, tetap tidak akan terasa berat.

Proses instalasi linuxmint sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan ubuntu. Hanya saja untuk file installernya harus download sesuai dengan DE yang kalian pilih. Jika mau install linuxmintt KDE download di sini, kalo mau linuxmint cinnamon di sini, kalo mau nyoba yang MATE di sini.

Selamat mencoba :)

Written by

0 comments: