Cara Membuat Presentasi dengan HTML [introducing]

Hi imigran linux!

Wah rasanya udah lama banget ga posting ya. Hahaha, ya emang lama, terakhir postin bulan September 2014. Mohon maaf sekali blog ini jadi aga terabaikan karena pekerjaan yang semakin menyita waktu. Apalagi sekarang saya punya haikal, anak pertama saya yang sudah berusia 5 bulan. Lagi lucu2 nya tuh, jadi susah lepas juga.
#curcol
:D

Oke, kali ini saya ingin membagi sebuah ilmu baru bagi saya. Yaitu membuat presentasi dengan html.

Umumnya membuat slide presentasi pasti menggunakan Microsof  Office Power point. Atau mungkin bagi yang menggunakan Ubuntu/Linux menggunakan Libre atau Open Office. Dan hasilnya memang bagus. Tapi bagi anak sekola atau anak kuliahan yang sudah membuat berpuluh-puluh presentasi (#lebay) dan merasa bosan dengan slide transisi yang gitu2 aja, bisa coba membuat slide presentasi menggunakan html.

Kelebihan dari slide presentasi dengan html ini adalah yang pasti cara pembuatannya berbeda, bisa dengan editor khusus atau coding manual. Ya lumayan lah kan berasa jadi programmer beneran maenan coding. Walaupun padahal cuma bikin slide aja.
:D

Kelebihan yang kedua adalah efek transisi atau animasi dan tampilan lebih beragam dibanding dengan aplikasi office. Hal ini karena pada html efek yang digunakan memanfaatkan CSS (Cascading Style Sheet) dan js (java script). Buat yang baru pertama dengan istilah CSS dan js, ya intinya kedua file tersebut digunakan untuk mengatur tampilan slide.
Contoh slideshow dengan html

Kelebihan ketiga, dan saya yakin bukan yang terakhir, yaitu penggunannya GRATIS!!
Jelas aplikasi yang digunakan harus open source, seperti markdown, notepad++ atau lainnya. Dan kalau tidak mau install apa2, atau misal bikinnya cuma di warnet, ada presentation editor yang bisa digunakan online dan hasilnya pun WOW. Contohnya reveal.js, deck.js, impres.js, dll.

Tapi sabar dulu, semua akan kita kupas tuntas pada pembahasan berikutnya, hanya di migrasilinux.blogspot.com!

Jangan emosi dulu, postingan ini saya batasi memang untuk memperkenalkan dulu dan juga supaya postingan tidak terlalu panjang. Lagi pula waktunya sempit nih, saya masih ada kegiatan yang lain.
:p

Sankyuu~

Written by

0 comments: