Cara membuat presentasi keren dengan Prezi

Halo kawan2!

Di posting sebelumnya saya sudah pernah menyebutkan presentasi bisa dibuat dengan sangat bagus menggunakan html. Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan cara lain membuat presentasi keren, yaitu menggunakan prezi. Ga perlu khawatir harus belajar dulu programming untuk menggunakan Prezi, cara pakainya sangat mudah dan sudah ada template2 siap pakai yang sangat keren.

presentasi dengan prezi

Prezi bisa didownload untuk penggunaan offline (berbayar) dan juga ada aplikasi berbasis web yang bisa diakses melalui url prezi.com, dan yang terpenting penggunaannya GRATIS. Hanya saja resikonya konten presentasi yang kita buat bersifat public, atau bisa dilihat dan di search oleh orang lain. Jadi kalau nanti setelah coba dan ternyata sangat cocok untuk keperluan kantor, ada baiknya membeli license-nya agar konten kita menjadi private. Harga langganannya tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp900,000/tahun untuk yang paling murah. Sangat worth/layak kalau pekerjaan temen2 memang banyak memberikan presentasi untuk klien.
biaya langganan prezi

Pertama, klik login di pojok kanan atas halaman utama prezi. Untuk login pertama kali silakan lakukan signup atau login menggunakan facebook. Kemudian klik tombol "Create new prezi" untuk membuat presentasi baru. Di bagian bawahnya adalah presentasi2 yang pernah dibuat sebelumnya. Temen2 bisa lihat pada gambar, saya sudah beberapa kali membuat presentasi dengan prezi baik keperluan kulian ataupun kantor.

Halaman awal setelah login prezi

Pada tahap ini ditampilkan pilihan template2 yang terbaru dari prezi. Temen2 silakan pilih mana yang suka. Walaupun bentuknya beda2, cara pakainya akan tetap sama. Kalau masih belum ada yang cocok, klik tombol "More" untuk menampilkan pilihan lebih banyak. Jika sudah ketemu yang cocok, klik "Use template".
pilih template prezi

Tahap ini adalah proses editing presentasi. Layout-nya tidak jauh beda dengan Office Power Point. Di bagian tengah adalah bagian design, di mana kita bisa menambahkan text, gambar, posisi frame, dsb. Di bagian kiri ada urutan frame masing2 slide. Dalam prezi semua frame masing2 slide muncul di frame nomor 1 sehingga bisa diubah posisinya, ditambah, dikurangi sesuai keinginan, dan didesain sedemikian rupa.
edit presentasi prezi
Tombol insert di bagian tengah atas bisa digunakan untuk upload gambar, membuat garis, atau menampilkan video dari youtube. Untuk menyimpan hasil proses edit dengan mengklik icon disk di pojok kiri atas. Untuk memulai presentasi dengan mengklik icon "present" di pojok kanan bawah.

Itu adalah sekilas mengenai prezi. Untuk cara penggunaan lebih detilnya next kita akan coba lihat dalam bentuk video ya.

Terima kasih

Written by

0 comments: