Apa itu ProcessMaker?

Halo! Selamat siang.

Kesempatan kali ini saya ingin sharing sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk pekerjaan. Memang bukan aplikasi yang bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari atau pribadi. Namun jika temen2 mencoba mempelajarinya siapa tau kantor temen2 perlu, diajuin ke bos, terus aplikasinya dipake, terus temen2 naik jabatan. (aamiiin..)

Halaman utama website resmi ProcessMaker
ProcessMaker adalah salah satu Business Process Management Software (BPMS). Kalau teman2 kuliah jurusan Sistem Informasi atau Teknik Informasi, seharusnya sudah tidak asing dengan istilah Business Process Management (BPM). Biasanya yang sering dibahas BPM hanya konsep untuk membuat aplikasi. Nah, dengan menggunakan ProcessMaker Business Process yang digambar dalam diagram bisa langsung dipakai menjadi aplikasi.

ProcessMaker ini umumnya sangat bisa digunakan sebagai framework berbagai aplikasi. Misal membuat aplikasi penjualan, aplikasi perpustakaan, dsb. Namun spesialisasinya ProcessMaker digunakan untuk membuat aplikasi yang bersifat workflow, atau untuk menjalankan tahapan2. Cara kerjanya sangat sederhana. Kira2 seperti ini:
  1. Buat sebuah desain proses
  2. Masukkan form2 yang harus diisi atau harus tampil untuk masing2 bagian dalam proses tersebut (task).
  3. Tentukan akun atau nama yang harus menjalani masing2 task.
  4. Setiap task disubmit, maka akan mengikuti urutan proses design tadi.


ProcessMaker versi terbaru saat tulisan ini saya posting, yaitu versi 3.1.3,  diagramnya sudah sangat mirip dengan Business Process Management Notation 2.0 (BPMN 2.0). Sehingga sangat nyaman berdiskusi dengan client, Sistem Analis, atau CIO. Walaupun perlu diketahui untuk saat ini beberapa simbol baru sekedar diagram, belum memiliki fitur yang mempengaruhi proses. Tapi akan sangat membantu menggambarkan proses secara keseluruan.
Contoh business process design ProcessMaker
Untuk membuat form pun sangat mudah, tool designernya sangat user friendly, tinggal drag lalu atur posisi. Selain itu sudah menggunakan bootstrap dan jquery sehingga bisa diatur lebih fleksibel kalo temen2 sudah tau cara menggunakan bootstrap dan jquery. Buat temen2 yang belum tau cara pakai bootstrap dan jquery, ProcessMaker juga memiliki beberapa notasi jquery khusus yang sederhana. Mereka menyebutnya Michael Angelo Front End (MAFE).

Saya rasa cuku sekian perkenalan mengenai aplikasi ProcessMaker. Kesempatan berikutnya saya akan mengenalkan lebih banyak mengenai ProcessMaker dan juga contoh aplikasinya. Jika ada pertanyaan silakan tulis di komentar atau kirimi saya email. Semoga dapat bermanfaat.
Terima kasih
Form designer ProcessMaker





Written by

1 comment:

  1. gan tutorial process maker sama contoh aplikasinya ada gak..

    ReplyDelete