Install localhost di ubuntu [PART2-END]

Hi imigran linux!

Setelah kita menginstall apache, localhost sudah siap kita gunakan. Penggunaan localhost bisa untuk belajar membuat CMS seperti joomla, opencart, atau prestashop. Tapi untuk yang sedang belajar web-based programming dan DBMS, localhost juga berguna untuk membuat coding PHP dan SQL.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas SQL server di Windows, sedangkan di ubuntu kita menggunakan mysql. Tampilan mysql sama sekali tidak mirip SQL server di Windows, karena bentuk mysql seperti layar terminal. Fungsi2 mysql pun lebih sederhana, tidak ada kolom khusus untuk eror, tidak ada expectation writing, dan tidak ada wizard. Ya, tidak ada wizard! Jadi kita melakukan semuanya dengan command line.

Untuk membuat coding PHP, di Windows kita menggunakan dreamweaver. Tampilannya mirip SQL server dan fungsi2-nya pun lengkap. Tapi lagi2 untuk di ubuntu kita hanya akan mendapatkan fungsi2nya saja. Yang kita install di ubuntu hanya eksekutor PHP itu saja, sedangkan untuk editornya kita bisa menggunakan terminal dengan nano atau gedit. Sebenarnya ada juga aplikasi PHP editor seperti dreamweaver di ubuntu, salah satunya adalah geany.

Oke, sekarang kita akan mulai proses instalasi.
Pertama kita menginstall mysql dengan command berikut.

#sudo apt-get install mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql

Jika ada dialog box, tandai php5 dengan menekan spasi lalu enter ok. Kemudian jika diminta membuat user, biarkan berisi 'root' dan enter ok. Selanjutnya kita akan diminta membuat password. Beberapa referensi menyebutkan tidak masalah untuk membiarkannya kosong, sehingga saat menggunakan mysql pun kolom password kita biarkan kosong. Tapi pada prakteknya saya beberapa kali mengalami masalah karena password tidak diisi, jadi saya rekomendasikan untuk membuat password mysql ini, yah yang mudah saja seperti '1234' atau lainnya.

Selanjutnya kita memastikan database yang kita buat terintegrasi dengan mysql menggunakan command berikut.

#sudo mysql_install_db

Selanjutnya kita memastikan settingan database yang ada di localhost kita aman. Memang untuk latihan tidak ada data yang penting di localhost, tapi kita juga harus berlatih untuk mengamankan data bukan?

#sudo mysql_secure_installation

Dan selesai, jika tidak ada notifikasi eror maka mysql kita sudah siap digunakan. Untuk mulai menggunakan mysql ketikkan command berikut.

#sudo mysql -u root -p

Selanjutnya kita akan diminta masukkan password, tapi perhatikan lagi password apa yang diminta. Jika tulisannya '[sudo] password for /namauser/:' berarti yang dimaksud adalah password laptop. Tapi jika tulisannya 'Enter password:' maka yang diminta adalah password mysql yang kita buat tadi. Jika tidak ada notifikasi eror dan muncul tulisan 'Wellcome to the MySQL monitor. blablabla....' dan diakhiri mysql> berarti kita telah masuk ke mysql dan dari sini yang kita gunakan adalah bahasa sql yang sama dengan SQL server.

Selanjutnya kita install PHP5, ini adalah seri PHP yang terbaru, gunakan command berikut.

#sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5 php5-mcrypt

Seharusnya dari sini tidak muncul masalah. Untuk memastikan PHP terinstall dengan baik, coba buat file php sederhana. Ingat, agar file php bisa dibaca localhost pastikan file php berada di folder /var/www/html/.

#sudo nano /var/www/html/latihan.php

kemudian ketikkan:
<?php
echo "halo, ini script php pertama saya :)";
?>

Pencet ctrl+o dan enter. Jalankan file php di web browser dengan url http://localhost/latihan.php

Jika kalian melihat teks "Halo, ini script php pertama saya:)" berarti PHP5 telah berjalan dengan baik.

Sekian
Sankyuu~


Written by

1 comment:

  1. Thanks for the complete guidance on PHP language. Hope your article has reserved a unique place among blog readers.
    php course
    php courses in chennai

    ReplyDelete