Percepat Download dengan AXEL!!

Hi imigran ilnux!

Apa yang kalian pikirkan waktu pertama membaca judul di atas? Kalo saya waktu pertama lihat nama aplikasi ini langsung kepikiran kamen rider. lol
axel
Hahahaha,, iya kamen rider di atas namanya axel. Tapi bukan itu yang akan saya bahas.

Axel adalah salah satu aplikasi ubuntu yang berbasis command line, jadi tidak ada gui-nya (graphic user interface). Memang kurang menarik, tapi sudah saya buktikan axel ini bisa 2x lebih cepat dari kget, yaitu aplikasi downloader yang ada gui-nya.



Bagi yang terbiasa download pakai windows pasti sudah tidak asing lagi dengan IDM, Internet Download Manager. Nah axel ini cara kerjanya sama dengan IDM, proses download dipecah menjadi beberapa koneksi sekaligus makanya bisa lebih cepat.

Untuk install axel, ketikkan perintah berikut di terminal.
#sudo apt-get install axel

Srrrreereeetttt,, ga lama instalasi selesai. Nah, cara menggunakannya dengan mengetikkan perintah berikut.
#axel -n 10 url

Contohnya jika akan men-download file http://migrasilinux.blogspot.com/contoh.jpg maka perintahnya jadi.
#axel -n 10 http://migrasilinux.blogspot.com/contoh.jpg

Kalau saya saat ini sedang melakukan download dari indowebster, jadi saat proses sudah berjalan saya pause di browser kemudian saya copy-kan url download-nya ke axel.

Di axel juga ada fitur untuk pause, atau menunda proses download. Jadi misal koneksi internet kita lagi down, di-pause aja dulu nanti di lanjut lagi kalo udah stabil. Cara-nya dengan menekan tombol ctrl+c, dan untuk melanjutkan download gunakan perintah yang sama saat mulai download.

Selamat mencoba!
sankyuu~


Written by

0 comments: