Menggunakan Rumus sumif dan sumis Di LibreOffice

Hi imigran linux!

Meskipun secara tampilan libreoffice kalah jauh dengan microsoft office bahkan masih mirip microsoft office 2003, tapi secara fungsional libreoffice tidak kalah handal. Salah satu kehandalan libreoffice adalah rumus2 yang ada di microsoft office banyak yang juga bisa digunakan di libreoffice, ya walaupun ada sedikit perbedaan seperti penggunaan titik koma (;) menjadi koma (,).

Salah satu rumus yang paling banyak saya gunakan adalah sumif dan sumifs. Keduanya digunakan untuk menjumlahkan suatu kolom dengan syarat tertentu. Perbedaannya, sumif menggunakan satu syarat sedangkan sumifs menggunakan lebih dari satu syarat.

Di bawah ini adalah contoh tabel penjualan gadget yang kana kita pakaikan rumus sumif dan sumifs.
contoh tabel
Untuk fungsi sum yang saya gunakan di atas saya pikir sudah sangat biasa ya baik di libre maupun microsoft office pasti sudah biasa. Nah, untuk penggunaan sumif, kita akan menjumlahkan penjualan yang bermerek ASUS. Dengan rumus sebagai berikut.

=sumif(range,criteria,sumrange)

range : kolom yang berisi persyaratan yang akan kita gunakan.
criteria : syarat yang ada di kolom range tadi.
sumrange : kolom yang sejajar dengan kolom range yang akan kita jumlahkan sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

penggunaan sumif di libreoffice
Untuk menyalin (copy) rumus sumif, harus dipastikan terlebih daulu array range dan sumrange diberi tanda dolar ($) seperti berikut.
menyalin atau copy rumus sumif
Hasilnya adalah diketahui penjualan merek ASUS baik smartphone, tablet atau smartwatch adalah 12, dan selanjutnya untuk NOKIA, SONY dan APPLE jumlah penjualan baik smartphone, tablet atau smartwatch dapat dilihat.

Selanjutnya untuk sumifs, kita akan lebih spesifik penjumlahannya. Misal kita ingin mengetahui penjualan smartphone dengan merek SONY saja. Dengan rumus sebagai berikut.
=sumifs(sumrange, range1, criteria1, range2, criteria2, ....)
penggunaan sumifs di libreoffice
Bila kalian perhatikan, sumrange pada rumus sumif diletakkan terakhir karena criteria atau syarat penjumlah sudah pasti hanya 1. Sedangkan pada rumus sumifs sumrange diletakkan di awal karena jumlah criteria bisa lebih dari 1, bisa 2, atau 3, atau 4, dst. Saya belum pernah mencoba dan belum tau berapa maksimal criteria yang bisa digunakan sumifs.

Hal penting yang harus diingat dalam menggunakan rumus sumifs adalah, pastikan cell yang menjadi criteria1 ada pada kolom range1, begitu juga dengan criteria2 ada di range2 dst. Jangan sampai terbalik atau belum dipastikan apakah ada di range1 mengandung criteria1.

Oke, saya rasa penjelasan itu cukup. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silakan cantumkan di komentar. Pada kesempatan berikutnya kita akan membahas rumus lain dari libreoffice yang pasti sangat penting dan berguna.

Sankyuu~



Written by

0 comments: