Mengubah Cell Type Text Menjadi Number

Hi imigran linux!

Setelah sebelumnya kita membahas sumif dan sumifs, kadang dalam menjumlahkan data kita mendapatkan hasil tidak seharusnya yang salah satu penyebabnya, ada cell dalam data kita yang tidak bisa dijumlahkan. Tabel dibawah ini sebagai contoh, coba kalian hitung secara manual dengan kalkulator, apakah sama hasilnya dengan hasil rumus sum di cell paling bawa?

contoh penjumlahan sum yang salah
Sebelum melakukan tindakan, kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan cell tersebut tidak bisa dijumlahkan. Kalau memang ada cell yang berisi huruf atau yang selain angka, jelas kita harus menghapusnya terlebih dahulu. Pada contoh tabel di atas memang cell yang mengandung bukan angka hanya 2 cell, tapi kalo ada ribuan cell? Ya gunakan saja find & replace atau di libreoffice 4.2 pencet ctrl+H.
menghilangkan yang bukan angka
Nah, semua cell yang ada di tabel sekarang sudah angka semua, apakah penjumlahannya sudah benar? Ternyata belum, masih ada cell yang kelihatannya angka tapi tidak bisa dijumlahkan. Hal ini dikarenakan format cell tersebut bukan number, sekarang coba kita ganti formatnya menjadi number.
merubah format yang bukan number
Formatnya sudah dirubah, tapi tetap tidak bisa dijumlahkan? Coba perhatikan, pada cell tersebut bagian awalnya muncul tanda apostrof (') tanda inilah yang membuat angka tidak bisa dijumlahkan. Atau pada kasus lain, tanda ini membuat tanggal tidak bisa disort atau diurut sebagai mestinya. Untuk menghilangkan tanda apostrof pada 1 cell memang mudah, tapi bagaimana jika ada ribuan cell? Caranya adalah klik Data>>Text to Colomn. Kemudian ganti text delimiter nya menjadi apostrof.
text to colomn
menghilangkan apostrof
Oke, sekarang penjumlahannya sudah benar dan data tersebut bisa menggunakan rumus2 lainnya dengan baik. Selamat mencoba!

sankyuu~


Written by

0 comments: