Membuat HttpRequest

Setelah lama tidak posting di blog, akhirnya tumbuh kembali niat untuk posting di blog. Yah terima kasih atas dorongan sang istri tercinta, katanya bisa ilmunya ga luntur harus rajin ditulis. Juga terima kasih buat dosen yang saya kagumi, katanya sekarang ini jamannya web 3.0 di mana tulisan kita pada web akan menjadi definisi yang diakui di masa depan. Jadi sebuah motivasi saya untuk menulis, siapa tau Haikal anak saya suatu saat akan baca tulisan ini.



Dalam membuat program berbasis web, HttpRequest menjadi pilihan yang sangat baik untuk digunakan sebagai komunikasi antara komputer client dan server. Karena fleksibilitas bahasa pemrograman client side dan server side tidak terikat. Bisa saja untuk back-end, program menggunakan bahasa java, C#, atau PHP. Dan pada front-end menggunakan bahasa yang berbeda. Hal yang perlu diperhatikan adalah format data request yang diperlukan oleh servlet yang akan dipanggil oleh HttpRequest bersangkutan.

Jadi secara garis besar, pada server kita buat sebuah servlet yang memiliki alamat tertentu. Servlet tersebut berisi perintah yang akan memberikan respon jika dipanggil dengan HttpRequest. Misal, servlet A berisi perintah x=1. Jika kita panggil HttpRequest untuk servlet A, maka servlet A akan memberikan respon x=1 (contoh 1).

Atau bisa saja servlet B berisi perintah y=x+1. Jika kita memanggil servlet B dengan mengirim data x=2. Maka servlet B akan memberikan respon y=3 (contoh 2).

HttpRequest terdiri dari 3 metode, yaitu; GET, POST, dan PUT.

1. GET adalah pemanggilan servlet dengan mengirimkan data yang kecil. Biasanya karena kecil data tersebut dapat kita masukkan ke dalam url servlet itu sendiri. Kita sudah membahas contoh 1 di atas, kita memanggil url servlet-nya saja dan responnya pun biasanya sederhana.

2. POST adalah pemanggilan servlet dengan mengirimkan data yang cukup besar. Data yang dikirim ini bisa dari hasil pengisian form, atau data dari database. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, yang perlu diperhatikan adalah format data request yang dibutuhkan oleh servlet. Hal ini sangat penting dan harus tepat termasuk urutan, type, dan juga cara penulisannya.

3. PUT adalah pemanggilan servlet untuk mengirimkan sebuah file yang spesifik. Saya sendiri jarang menggunakan PUT jadi belum begitu paham perbedaannya dengan POST. Namun dari deskripsinya, kira2 PUT hanya untuk mengirim file, sedangkan POST bisa mengirim file dan juga data.

Sekian sedikit penjelasan tentang HttpRequest, untuk pembahasan lebih lanjut dan contohnya akan kita bahas di posting berikut. Jika ada kekeliruan mohon dikoreksi.

Written by

0 comments: