Cara Membuat HttpRequest [part2]

Hi everybody!

Setelah sebelumnya kita membahas apa itu HttpRequest dan cara kerjanya, sekarang kita bahas teknis dan contoh membuat HttpRequest.
Tentu dalam pembahasan ini saya menggunakan OS Ubuntu versi 14.04 dan PHP versi5. Bagi yang belum install bisa membaca posting saya sebelumnya.
http://migrasilinux.blogspot.com/2014/06/install-localhost-di-ubuntu-part2-end.html

Ada beberapa cara untuk membuat HttpRequest, terutama jika untuk testing saja.
  1. Menggunakan plugin yang tersedia pada browser.
 Penggunaan plugin pada browser ini sangat sederhana, dan sangat baik untuk memastikan servlet yang kita panggil berjalan dengan baik. Dan untuk menguji format request pun bisa menjadi acuan bahwa data yang kita kirimkan sudah benar.

Pada browser Chrome terdapat extension POSTMAN.
POSTMAN chrome extension

Pada browser firefox bisa diinstal add-ons RESTClient debugger.
RESTClient firefox

Cara pakai keduanya sama, ya cuma beda2 dikit tata letaknya.
Oke, untuk contoh ini kita akan coba panggil servlet api dari http://www.freecurrencyconverterapi.com/

Web tersebut menyediakan fasilitas untuk konversi valas, dan fasilitas tersebut menggunakan api (Application Program Interface) yang bisa kita panggil dengan HttpRequest.

Sebelumnya kita cari tahu alamat url api tersebut. Dengan cara membuka developer tool pada browser, lalu kita coba jalankan converter tersebut.
Mencari tahu url api dengan developer tool
Nah pada bagian kanan ada Request URL, kita copy alamat itu untuk kita coba panggil dengan HttpRequest. Namun perlu diketahui bahwa URL dari api hanya sampai tanda tanya (?) selebihnya meskipun masuk ke dalam alamat url bukan bagian dari url melainkan data yang dikirim. Bukankah sudah kita bahas sebelumnya bahwa dengan metode GET kita mengirimkan data yang sangat kecil dan bisa kita sisipkan ke url.
Jadi kita copy url http://www.freecurrencyconverterapi.com/api/v3/convert dan kita paste di RESTClient atau POSTMAN sebagai url. Dan untuk request body kita masukkan string yang tadi kita tinggalkan.
q=USD_IDR

Kalau dari bentuk stringnya, sepertinya itu kode valas dari dan ke, misal dari USD ke IDR. Lalu kita coba SEND, maka kita akan mendapat respon sebagai berikut.
Respon hasil HttpRequest

Wah tidak terasa sudah longpost!
Oke itu dulu untuk posting ini, akan kita lanjut di bagian selanjutnya.
Sankyuu~

Written by

0 comments: